menjelang 40w semakin h2c

Duuuh.. kenapa ya dede betah banget di dalam perut bunda? Sepertinya karena perut bunda yang berlemak banyak jadi dede empuk dan hangat di dalam sana hihihi… Padahal perkiraan kelahiran dede atau tepat 40w-nya beberapa hari lagi yaitu tangal 24 Juni 2010.

Serius nih bunda belakangan ini agak2 worried karena tanda2 persalinan belum kunjung datang.. kalaupun ada mulas paling cuma 5 menit udah hilang lagi dan ga datang2 lagi dalam jangka waktu yang lama.  Sampai bingung nih mesti gimana lagi mancing dede untuk segera keluar. So far yang udah dilakukan adalah:

* ngajak ngobrol dede supaya segera keluar

* rajin jalan pagi dan sore biar posisi kepala dede cepet kekunci di panggul

* induksi alami, beberapa kali ditengokin ayah tetep aja ga bikin mules

* pijat payudara katanya bisa bikin kontraksi, tp juga tidak berhasil

* masih rajin datang senam hamil, soalnya beberapa temen senam hamil melahirkan gak lama setelah ikutan senam

* berdoa sama yang Maha Kuasa, semoga dede lahir pada waktunya dan sempurna tidak kurang sesuatu apapun dengan dan kalau memungkinkan lewat persalinan normal saja.

Ada yang punya idekah cara-cara apalagi yang harus bunda lakukan biar dede cepet lahir?

Oh iya hasil pemeriksaan dokter yang terakhir menjelang 39w kemarin, dinding rahim sudah semakin tipis, kepala dede udah di bawah meski belum sepenuhnya masuk jalan lahir, air ketuban masih banyak, plasenta belum ada pengapuran.

Jadi menurut dokter masih akan dipantau lagi minggu depan apakah kondisi ibu dan bayinya masih bagus, kalo OK akan ditunggu lagi sampai menjelang 42w.  Tapi kalau ternyata ada kondisi yang membahayakan seperti air ketuban yang berkurang atau pengapuran plasenta dll, maka dokter akan merekomendasikan tindakan seperti induksi atau operasi (Sectio Caesarean).  Nah kalo udah 42w, meskipun kondisi semuanya masih bagus, tapi karena udah lewat masa normal kehamilan, maka biasanya si bayi akan dikeluarkan ‘paksa’ melalui operasi.  Hiiyy.. seremkan nak, makanya yuk dede cepet keluar dari perut bunda secara alami.  Semoga saja begitu, amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: