Pijat Bayi

Salah satu fasilitas yang didiapat kalo early booking persalinan di RS Hermina Sukabumi selain senam hamil adalah pijat bayi.  Selain itu ada juga home visit dari bidan satu hari setelah kita keluar dari rumah sakit untuk melihat gimana kondisi ibu dan babynya pasca kembali ke rumah, lumayan deh buat nanya2 apa yang belum sempat ditanyain karena blom kepikiran pas di RS, ato biar bidannya bisa liat kondisi rumah kita dan kasih saran what do and dont, misalnya seperti jangan naro kamper deket bayi atau di lemari pakaian, karena bisa memicu bayi jadi kuning dll, dsb.

So, balik lagi ke pijat bayi, sebagai bunda yang hobi memanfaatkan fasilitas gretongan, tentunya Shiraz juga ga ketinggalan untuk ikut kelas pijat bayi dong.  Kupon pijat bayinya bisa dipakai selama 1 bulan dari kelahiran atau kira2 3 kali kedatangan.  Minggu pertama dr kelahiran Shiraz ternyata ga ada jadwal pijat bayi karena libur nasional isra miraj.  Di Hermina Sukabumi, pijat bayi diadakan setiap hari Sabtu jam 10 (samaan sama jadwal senam hamil bunda dulu).  Jadi sampai skg, Shiraz udah 2 kali ikut pijat bayi, pas umurnya 16 hari dan 24 hari.  Ayah, Bunda dan Shiraz biasanya berangkat ke Hermina jalan kaki, karena dari rumah kakek cuma butuh 10 menit jalan kaki dengan kecepatan kucing (ga cepet2 banget deh), tapi anehnya walopun jarak dekat begitu kita selalu terlambat nyampe sana. Yup 2 kali pijat bayi Shiraz selalu kebagian jadi kloter ke 2.  Terapisnya ternyata om-om (buat Shiraz) ya mungkin seumuran Ayah dan Bunda atau lebih muda dikit, sempet ga percaya aja apa iya cowok bisa mijat bayi??

Ternyata, pijat bayi disini konteksnya beda banget sama pijat bayi mak-mak paraji yang buat ngelemesin urat2 itu, disini lebih cocok dibilang kelitikin dan usap2 bayi buat liat refleksnya.  Jadi prosedurnya bayi bayi dibuka bajunya sampai cuma tersisa celana (yang mayoritas adalah diaper) terus si Om terapis akan giliran memperagakan cara pijat bayi, sementara bayi yang belum dapat giliran, ibunya harus mencontoh gerakan si Om.  Well, ga susah2 amat sih, yang pentingkan bonding antara bayi dan ibunya, dan bayi merespon setiap sentuhan yang diberikan ibunya.  Jadi tujuan dari kelas pijat bayi ini, agar ibu bisa sesering mungkin melatih refleks bayinya di rumah.  Hmmm, mau tau reaksi Shiraz saat pijat bayi ?? nangis kejer.. padahal di rumah Shiraz anteng dan jarang nangis, asumsi ayah dan bunda sih, Shiraz ga nyaman kalo ga pake baju lama-lama karena kalo di rumah pake baju terus hahaha.. alasan!

Sayangnya setiap pijat bayi kita ga pernah bawa kamera, tapi kalo mau liat Shiraz lagi nangis, kira2 seperti ini :

(hahaha itu foto Shiraz yang lagi dimandiin neneknya)

Ada sedikit materi pijat bayi nih..dari materi yang dibagikan fisioterapist RS Hermina Sukabumi

Manfaat pijat bayi :

1. Meningkatkan konsentrasi bayi dan membuat bayi tertidur lelap

2. Membantu bayi untuk berlatih relaksasi

3. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak serta meningkatkan daya tahan tubuh

4. Menurunkan hormon stressor

5.  Membantu meredakan ketidaknyamanan (seperti kolik, tumbuh gigi)

6. Membantu memperbaiki sistem pencernaan

7. Membina ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak

8. Meningkatkan berat badan

Manfaat Pijat Bayi Bagi Orang Tua

1.  Memberi perhatian spesial dan memperkuat ikatan

2.  Membantu orang tua mengetahui bahasa (isyarat) non verbal bayi

3.  Membuat rasa percaya diri dalam mengasuh bayi

4.  Meningkatkan komunikasi orang tua dan bayi

5.   Meningkatkan kemampuan orang tua membantu bayi untuk rileks

6.  Membantu orang tua mengurangi stress

7.  Membantu merangsang hormon yang berpengaruh terhadap peningkatan produksi ASI

8.  Mengajarkan orang tua untuk mengerti perkembangan anak.


Persiapan Memijat Bayi

  • Kedua tangan orang tua harus dalam keadaan bersih dan dalam keadaan hangat
  • Pastikan semua kuku tangan pendek
  • Tanggalkan semua perhiasan agar tidak sampai menggoreskan luka di kulit bayi
  • Siapkan ruangan yang bersih, hangat dan tidak pengap
  • Orang tua benar” memiliki waktu penuh untuk bayinya tanpa gangguan apapun selama 15 menit ke depan.  Lakukan pemijatan 2-3 kali sehari.
  • Baringkan bayi di atas permukaan kain yang rata, empuk/lembut dan bersih
  • Siapkan handuk, maupun popok/celana dan baju bayi untuk ganti
  • Saat memijat, pelihara terus kontak mata dengan si kecil
  • Berdendanglah atau putarkan musik lembut agar suasanan terasa lebih rileks
  • Perhatikan respon bayi.  Jangan sampai membuat anak trauma baik secara fisik maupun psikologis

Pijat Bayi Tidak Dianjurkan Pada Kondisi-Kondisi Berikut:

  • Pemijatan langsung sehabis makan
  • Jangan malakukan pemijatan pada saat bayi dalam keadaan lapar
  • Membangunkan bayi untuk dipijat
  • Memijat bayi saat sedang tidak begitu sehat
  • Memaksakan posisi tertentu ketika sedang memijat
  • Apabila bayi menangis
  • Bila ada bagian tubuh yang terluka.  Dimana pijatan ini bisa memperlambat proses penyembuhan, karena luka yang menutup kini membuka lagi.
  • Bila ada cedera yang agak berat, misalnya patah tulang
  • Bila permukaan kulit teriritasi, misalnya terbakar sinar matahari
  • Bila ada permukaan tubuh yang bengkak dengan sebab belum jelas.  Misalnya pembengkakan kelenjar getah bening yang malah akan sakit bila dipijat

Kapan Sebaiknya Melakukan Pemijatan?

  • Saat bayi sudah terjaga
  • Tidak dalam keadaan lapar atau mengantuk
  • Pagi sebelum mandi
  • Sore sebelum tidur

Bagaimana Cara Memijatnya?

Nah untuk yang satu ini, meskipun ada dalam materi yang diberikan, tapi rasanya akan lebih jelas jika melihat langsung.  Untuk umum yang tidak melahirkan di Hermina pun bisa kok mengikuti pijat bayi ini uyntuk biayanya silakan tanya di front officenya (0266)6249292.  Atau silakan cari di mbah google, mungkin ada videonya di youtube ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: